SRIKANDI COLLECTION

Kamis, 21 Mei 2015

Empat Sehat Lima Sempurna

Prinsip Empat Sehat Lima Sempurna

Empat Sehat Lima Sempurna adalah kampanye  pemerintah sejak tahun 1955, agar masyarakat memahami pola makan yang benar. Konsep 4 sehat 5 sempurna itu sendiri yaitu makanan yang dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yakni makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu.

Konsep Empat Sehat Lima Sempurna ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan. Jadi dalam tubuh dibutuhkan sekitar 60-80 persen kalori dari karbohidrat, 30 persen dari protein, dan sisanya dari lemak. Karbohidrat dapat berupa nasi, gandum, singkong, ubi, dll. Sedangkan protein dapat berupa tahu, tempe, kacang-kacangan.

Namun pada perkembangan jaman saat ini, konsep 4 Sehat 5 Sempurna dirasakan tidak cocok lagi karena masalah kegemukan dan obesitas yang dialami masyarakat Indonesia. Sehingga muncul konsep baru yakni Pedoman Gizi Seimbang dimana masyarakat harus memperhatikan sendiri kebutuhan gizinya berdasarkan aktivitas dan kebutuhan nutrisi harian, yang akan berbeda untuk setiap orang.

Dari segi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh sebernarnya konsep Pedoman Gizi Seimbang hampir sama dengan konsep 4 Sehat 5 Sempurna yakni ada Sumber energi/tenaga (Padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dll) , Sumber zat pengatur (sayur dan buah-buahan) ,
Sumber zat pembangun (ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai).

Untuk bisa mengatur keseimbangan gizi yang didapat dari makanan, perlu diperhatikan 13 prinsip dasarnya juga, seperti :

1.Makanlah aneka ragam makanan
2.Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
3.Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
4.Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
5.Gunakan garam beryodium
6.Makanlah makanan sumber zat besi
7.Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur enam bulan
8.Biasakan sarapan pagi
9.Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
10.Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur
11.Hindari minum minuman beralkohol
12.Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
13.Baca label pada makanan yang dikemas.

Pada intinya, dari Pedoman Gizi Seimbang ini yang harus diperhatikan adalah variasi makanan yang dikonsumsi, Pola hidup bersih, Pola hidup aktif dan olahraga, dan Memantau berat badan ideal.
Jadi, jika anda menginginkan tubuh yang sehat dan kuat berenergi maka tidak ada salahnya jika anda menerapkan Pedoman Gizi Seimbang mulai sekarang.
Sekian dan semoga bermanfaat (^ _ ^) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar